Turun Tangan Bersihin Sampah di Car Free Day Thamrin

1003568_10152084847434974_1734522017_n

Sejak subuh resah semakin terus mendera diriku. bukan apa apa karena pagi ini aku ada janji yang cukup penting untuk dibatalkan. ya, janji dengan teman seperjuangan, se visi dan se missi untuk indonesia lebih baik. Janji ini berawal dari surat yang masuk ke emailku beberapa hari yang lalu. Email tersebut bertautan ke situs jejaring sosial facebook, kolom Grup dan Bertajuk RELAWAN TURUN TANGAN. Sebelumnya memang aku sudah tau tentang keberadaan  relawan Turuntangan melalui situs Bapak Anis Baswedan yang sering kuliahat, tapi mengenai grup ini adalah awam bagiku mengetahuinya.

Di Group ini salah satu admin turun tangan Indah putri, memposting tentang ajakan melakukan aksi turun tangan yang diberi judul “Turun tangan bersihin sampah di CFD (Car Free Day) Jakarta”. Pertama kali kulihat konsep acaranya memang cukup terlihat tidak masuk akal, akan tetapi itu hal tersebut tak menyurutkan keingintahuanku akan konsep yang di buat tersebut. Aku membaca bari perbaris akan maksud dan tujuan di adakannya acara, dan hail itu semakin membuat aku mengerti dan memahami bahwa konsep ini merupakan ide yang cukup briliant untuk di lakukan ditengah carut marut kota jakarta yang usang akan sampah yang berseliweran dimana mana.

Akhirnya kuputuskan untuk ikut ajakan “Turun tangan bersihin sampah di CFD (Car Free Day) Jakarta”.  aku kontak salah satu admin RELAWAN TURUN TANGAN mba indah untuk bisa ikut ambil bagian dalam acara yang akan di adakan di BUNDARAN HOTEL INDONESIA tersebut. Admin dengan sigap dan cepat membalas message FB yang kukirim tadi, dengan cukup antusias kami bertukar pikiran untuk acara yang akan berlangsung nanti, kebetulan mba indah bertanya tentang permainan icebreaker yang bisa mencairkan suasana pada saat even Turuntangan nanti, tanpa pikir panjang aku cari permainan permainan yang bisa dimainkan saat even Turuntangan nanti. Aku liat youtube dan kutemukan permainan Rumus Benar salah Benar, dan ku informasikan langsung kepada mba indah, dan mba indah pun meresponnya dengan positif.

Hari demi hari kian berlalu dan kini tiba saat dimana hari yang sangat ditunggu tunggu datang.  ya hari ini adalah hari dimana janji yang cukup penting itu  minggu 17 November 2013 adalah hari ajakan “Turun tangan bersihin sampah di CFD (Car Free Day) Jakarta” akan berlangsung. Rasa antusias dan semangat semakin membara untuk event ini. tapi nampaknya kota jakarta hari ini terlihat sedih dan kurang mendukung. Entah mengapa langit kota jakarta terlihat Gelap, dan Hujan rintik rintik belum selesai meneteskan sisa sisa air dari awan hitam tersebut. Tapi semuanya itu tidak memutuskan semangat untuk bertemu teman teman se-visi, misi, dan seperjuangan. Dengan bersenjatakan lengkap sesuai perintah dari mba indah akupun langsung meluncur menuju TKP, kulalui jalanan yang lengang dihari minggu dengan menumpangi Bus Tranjakarta dari slipi menuju Bundaran Hotel Indonesia.  Tepat jarum jam menunjukan pukul 7 pagi aku tiba di Lokasi event, sesuai kesepakatan kami semua berkumpul di depan pos polisi Bundaran Hotel Indonesia. Tampaknya memang belum terlihat ada peserta lain yang datang, mungkin saja karena hujan membuat perjalanan yang ditempuh jadi tersendat. 1 jam berlewat akhirnya peserta Turuntangan yang ditunggu tunggu muncul satu persatu, kuberanikan diriku untuk turut bergabung dalam segerombolan kecil team Turuntangan, aku bertemu dan berkenalan dengan masing – masing peserta yang kini kuanggap sebagai kawan seperjuangan, se-visi, dan se-misi untuk indonesia lebih baik. Panitia memberikan baju Relawan turuntangan kepadaku, dan teman teman lainnya yang telah hadir memenuhi undangan event ini.

Kami memulai acara ini dengan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan YME kepada kami melalui doa yang sedianya kami ucapkan dan haturkan kepadaNya yang telah membawa kami dengan selamat untuk melakukan AKSI ini. Setelah itu kami pun berlanjut berkenalan satu per satu dengan menyebutkan Nama Lengkap, Panggilan, Pekerjaan, Alamat tinggal, dan diakhiri dengan kata #Aku siap TURUNTANGAN. Satu persatu dari kami pun mulai memperkenalkan diri masing – masing dengan antusias. Setelah berkenalan dan kami mengenal satu sama lainnya kami pun di ajak oleh mba indah untuk bermain permainan kalimat “JIKA-MAKA” . banyak yang bertanya tanya tentang permainan ini, mungkin karena sebagian dari kami belum tau dan baru mendengar permainan ini. Permainan “JIKA-MAKA” ini merupakan salah satu sumbangsih ide dari salah satu teman Turuntangan yang kebetulan belum bisa hadir untuk ikut dalam Event ini, tapi sumbangsihnya cukuplah besar, berkat permainan ini keakraban dan kedekatan diantara kami para relawan Turuntangan semakin terikat, dan kami pun tenggelam dalam derap tawa, dan senyum yang kian memutus jarak pemisah diantara kami.

Saat yang dinantikan tiba, dimana saat ini adalah puncak dari kegiatan kami relawan turuntangan untuk melakukan pembersihan sampah di sepanjang bundaran Hotel Indonesia. Alat perang satu per satu mulai kami keluarkan dari dalam tas kami masing – masing. Plastik smpah, sarung tangan ini adalah alat perang yang kami bawa untuk memungut sampah sampah di Sepanjang jalan. Kami di bagi menjadi 4 team yang dipencar ke sekeliling Bundaran HI untuk melakukan misi ini. Tepat pukul 9.30 kami pun start dan berpencar. Selain kantong plastik sampah dan sarun tangan, kami pun juga dibekali sticker dan pembatas buku yang bertuliskan ANIES BASWEDAN turuntangan untuk dibagi bagikan kepada khalayak yang lewat yang sedang menikmati udara di sepanjang jalan tamrin. Dengan antusias dan penuh semangat, sampah sampah mulai terkumpul masuk kedalam plastik plastik sampah kami masing – masing. Ternyata tingkat kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang dan minim, ditambah lagi kurangnya perhatian dari pemerintah untuk menyediakan tempat – tempat sampah di sepanjang jalur Car Freeday. Selain memunguti sampah di jalan kami pun tak lupa membagi bagikan sticker dan pembatas buku sambil memberikan sedikit pemahaman tentang aksi Turuntangan yang di inisiatori oleh Bapak Anies Baswedan, yang merupakan sosok yang kami kagumi dan kami hormati rekam jejaknya di Indonesia dan salah satu calon yang sangat berpotensi untuk maju dalam pemilihan presiden 2014 nanti. Sedikit yang kami ketahui pun kami informasikan kepada para penikmat Car FREE day tentang Bapak anies baswedan, mulai dari salah satu dari anggota TIM 8 yang ditugasi meneliti kasus dugaan kriminalisasi pimpinan KPK bibid dan Chandra yang kian ramai dengan istilah CICAK DAN BUAYA, Inisiator Indonesia Mengajar, dan salah satu dari 20 orang yang diprediksi akan mengubah dunia dalam 20 tahun yang akan datang versi majalah Foresight.

Waktu pun terasa cepat berputar ditengah aktivitas memunguti sampah tanpa disadari sudah hampir pukul 10.30, sesuai janji kami bersama, kami pun berkumpul kembali di depan Pos Polisi Bundaran HI. Ada sedikit kejadian yang cukup unik sebelum kami berkumpul di Pos, salah satu oknum Polisi berpangkat melati 1 dan dari dishub memanggil salah satu dari kami. Karena waktu itu aku cukup dekat dengan posisi aparat tersebut akhirnya aku pun mendatangi mereka. Mereka bertanya tentang acara yang kami lakukan, maksud, dan tujuan diselenggarakannya. Dengan cukup hati hati aku berikan informasi tentang maksud diadakannya acara ini. Mungkin ada rasa tidak senang dilangkahi dan menyalahi aturan yang berlaku mereka pun menginfokan untuk lain kalinya jika membuat acara ini untuk lapor terlebih dahulu dan diharuskan mengikuti aturan yang ada. hal ini kuranglah sepaham dengan prinsipku, entah mengapa tiba tiba saja terpikir bahwa sistem yang dibuat ini sedikit menghambat kami untuk membenahi dan berkreasi karena disaat kami ingin melakukan hal yang baik bagi negara seringkali saja sistem meruntuhkan dan mempersendatnya. Seusai pertemuanku dengan aparat tadi aku langsung berkumpul kembali dengan rekan rekan yang telah selesai memunguti sampah.

Seusainya kami memunguti sampah di sepanjang jalan Tamrin, tepatnya di depan Bundaran Hotel Indonesia kami pun bercengkrama kembali dan bertanya sambil memberikan feedback apa kendala yang kami temui tadi di sepanjang jalan saat memunguti sampah. Ternyata Banyak masyarakat yang antusias dengan acara yang kami lakukan ini, dan tidak pula juga yang sedikit belum tau tentang sosok orang yang kami dukung untuk presiden 2014 yakni Bapak Anies Baswedan. Seharusnya kami terasa lelah, akan tetapi Rasa lelah yang harusnya terasa menjadi berkurang ketika derap tawa dan canda kembali muncul menghiasi panasnya sinar mentari di siang hari yang menunjukan lebih dari 30 derajat celcius pada pengatur suhu di depan pos polisi.

Tiba saatnya kami akan berpisah, akan tetapi sebelum kami berpisah untuk melakukan aktivitas lain, kami memainkan satu permainan lagi. Ya ini adalah permainan yang aku kasih kepada mba indah untuk pada saat chat  yang dinamakan “Rumus Benar salah”. Mba indah menyuruh aku untuk memimpin permainan ini. Aku pun membagi ke 20 orang relawan Turuntangan menjadi 2 team yang masing masing team terdiri dari 10 orang. Dengan sedikit pengetahuan dan kesiapan yang aku miliki aku menjelaskan rentetan permainan ini. Permainan pun berjalan dan masih sedikit dari rekan rekan relawan yang belum memahami permainannya, mungkin pembawaanku yang sedikit berantakan dan penguasaan akan permainan yang belum 100%  kukuasai membuat permainan ini sedikit garing dibawah pimpinanku. Akhirnya dengan kesigapannya, lagi lagi mba indah membantuku untuk me lead permainan ini, sehingga akhirnya permainan ini berjalan dengan cukup baik. Akhirnya aku pun memutuskan untuk turun podium karena merasa gagal me lead permainan ini, dan digantikan mba indah sendiri me lead permainan Rumus Benar Salah. WOW!! Ternyata mba indah memiliki talent yang cukup besar dalam me lead semua permainan, dalam benakku mungkin saja ada bakat terpendam dalam diri mba indah untuk mengajar anak – anak TK bermain.

Selepas permainan tadi kami pun berpisah satu sama lain, untuk melakukan aktivitas kami masing – masing, tapi sebelum kami berpisah tak lupa ungkapan syukur kembali kami panjatkan kepada Tuhan YME karena boleh mengenal Teman teman baru yang memiliki kesamaan Visi, Misi dan semangat juang, dan mengenal Bapak Anies Baswedan serta waktu yang sedikit yang mempertemukan kami ini pada hari ini. Dan tak lupa kami panjatkan agar jalan yang diberikan Tuhan YME untuk bapak Anies Baswedan melangkah ke pemilihan presiden 2014 dapat berjalan mulus, walaupun kami yakin rintangan pasti akan terus menghadang, bagaikan kapal yang diterjang ombak saat badai.

Inilah sepenggal cerita pertemuan kami, semoga pertemuan ini tidaklah berujung sampai di Car Free Day saja, akan tetapi semakin intens.

@realjco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: