Teknik dasar membuat video timelapse

halo guys jumpa lagi sama gw nih, kali ini gw mau ngasih sedikit tutorial bagaimana cara membuat video timelapse untuk kalian semua nih. sedikit introduce ya. bagi kalian yang belum tau apa itu timelapse nih gw jelasin,

Timelapse adalah sekumpulan still foto yang diambil dengan periode yang beraturan untuk menggambarkan proses, pergerakan, atau perubahan suatu objek. lalu diproses editing dengan menambah kecepatan (speed Duration). misal, matahari terbenan atau terbit, pergerakan suasana kota, pergerakan bintang-bintang, siang-malam, dan lain sebagainya.

timelapse mulai marak sejak kemunculan HDSLR. karena fungsi utama yang ada pada kamera DLSR yang mempunyai kemampuan mengambil foto diam dengan kualitas yang “WAHHHHH” alias kualitas PRO.

tapi untuk ngebuat video timelapse gak semudah yang di baca loh gan, kalo di peraktekin pasti banyak banget kendala – kendalanya.

BOSEN, kenapa bisa bosen ??? ya bayangin aja kalo timelapse matahari terbit, pastinya kita harus nungguin dari mataharinya belum muncul sampai pada akhirnya dia muncul di ufuk timur dan semakin meninggi.

CARD / memory, pasti bingung kan kenapa kok card bisa menjadi kendala ??, simpel aja. untuk membuat video timelapse pastinya membutuhkan banyak foto nah foto itu kan memakan memory pastinya kalo sampe 1000 foto akan menguras memory kita juga.

Nah kalau udah paham seluk beluknya mari kita mempersiapkan komponen – komponen penting dalam membuat Timelapse

1. Kamera DSLR

timelapse1

  • Siapkan kamera DSLR beserta dengan lensa yang disesuaikan dengan kebutuhan pengambilan gambar, serta memory card yang cukup besar untuk menampung file foto yang besar tersebut.

2. Tripod

timelapse2

  • Tripod sangat dibutuhkan dalam pembuatan timelapse untuk menghindari terjadinya goncangan yang diakibatkan angin/ hal lainnya. karena jika terjadi pergerakan sedikit akan membuat hasil frame per foto tidak bagus maka dari itu di perlukan stabilizer yakni tripod

3. Timer Remote/ Intervalometer

Timer Remote

  • Timer Remote/ Intervalometer sangat diperlukan supaya tangan tidak perlu menekan-nekan shutter beratus-ratus kali, dan dapat menyebabkan efek gempa juga. pakailah cable release dengan pengaturan yang lengkap ( minimal ada mode interval ).

4. Cemilan

cemilan-snack1

  • Cemilan sangat membantu dalam proses pembuatan Timelapse, karena waktu untuk menunggu sangatlah lama, agar kita tidak bosan kita bisa menikmati cemilan tersebut, janganl lupa ditambah kopi biar mantapss..

BAGAIMANA PROSES PEMBUATANNYA ???

membuat video timelapse itu mudah, mungkin karena itu yang membuat kegiatan ini membosankan. tetapi menentukan angle, komposisi, itu yang membutuhkan jam terbang.
tetapkan angle, pasang kamera pada tripod.

  1.  set mode kualitas pengambilan foto dengan format JPG. supaya tidak memangkas memori terlalu banyak.
  2. atur kamera pada mode Aperture Priority (A) atau (Av) pada Canon. mengapa? karena untuk mengatasi perbedaan cahaya yang berbeda-beda, seperti ketika sedang merekam sunrise, kamera akan secara otomatis hanya akan mengganti kecepatan shutter. jadi, tidak peduli seberapa besar pergantian cahaya yang terjadi, kamera akan tetap merekam proses yang stabil, tidak ‘blips’ atau kedip-kedip karena ada perbedaan tingkat pencahayaan tiap frame.
  3. atur intervalometer/timer remote anda. katakanlah dengan melihat pergerakan awan, atau manusia, atau objek yang lain, anda ingin memotret setiap 3 detik. maka atur remote untuk mengambil gambar setiap 3 detik. apabila pergerakan objek lebih cepat, maka percepat juga intervalnya. tiap satu detik mungkin. supaya dapat merekam pergerakan yang halus.
  4.  tekan Auto Exposure Lock, supaya kamera tidak secara otomatis mengatur pencahayaan, hal itu dapat mengakibatkan Blips, atau efek kedip pada gambar.
  5.  tekan shutter, dan tunggulah di samping tripod. pengambilan gambar bisa sampai 30 menit- hingga berjam-jam. dan mengambil gambar hingga ribuan foto. itulah mengapa siapkan SD Card yang cukup.

Proses Editing

seperti yang dikatakan sebelumnya, eksekusi foto timelapse dalam proses editing adalah dengan mempercepat playback speed. supaya ketika diputar (play) pergerakan gambar antar frame menjadi halus dan mengurangi gerak patah-patah.
dalam hal ini saya menggunakan Adobe Premiere, maka ketika memasukkan seluruh foto kedalam timeline, tekan Ctrl+A untuk menyeleksi seluruh foto. lalu klik kanan, dan pilih ‘Speed/Duration’. tentukan berapa detik tiap frame foto akan diputar, saya biasanya mempercepat hingga durasi 00:00:00:01 , dan centang tulisan ‘Ripple Edit, Shifting Trailing Clips’ untuk menghilangkan renggang tiap frame foto yang telah dipercepat durasinya.

Demikian tutorial cara membuat timelapse Photography dari saya, terimakasih sudah berkunjung di blog yang hina ini..😀

contoh video timelapse dari youtube yang merupakan timelapse yang dibuat oleh rakan saya di salah satu komunitas terbesar di indonesia Febian nugraha / EMBI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: